02 Oktober 2011

Amazon Siapkan Komputer Tablet Pesaing iPad


Tablet PC Amazon disebutkan akan menjadi produk yang mampu mengubah peta persaingan.

Raksasa ritel daring (online), Amazon, siap meluncurkan produk komputer tablet. Bahkan, Amazon optimistis mampu menandingi dominasi Apple dengan produk iPad-nya.

Pada pengumuman yang dilakukan akhir pekan lalu, Amazon mengungkapkan bahwa komputer tablet buatan mereka akan diperkenalkan ke publik dalam konferensi pers Rabu esok, 28 September 2011 .

“Rabu adalah hari tablet. Tablet Amazon telah ditunggu-tunggu kehadirannya dan diprediksi akan menjadi pesaing kuat Apple iPad,” kata Colin Gillis, analis dari BGC Partners, seperti dikutip dari Reuters, 26 September 2011.

Namun demikian, kata Gillis, Amazon perlu memasang harga di bawah harga produk Apple. “Cara ini akan sedikit meningkatkan peluang tablet PC Amazon di pasar,” ucapnya. “Amazon mungkin memberikan harga yang sangat agresif,” sebut Gillis.

Menggunakan cara yang sama, Amazon Kindle e-reader bisa dilepas dengan harga yang lebih rendah untuk mendapatkan daya tarik di antara pembaca dari kalangan perusahaan dan mungkin juga akan menjaga harga tablet tetap rendah. “Ini untuk menarik pengguna dan menjual konten dan layanan lain,” ucap Gillis.

Sampai saat ini, Apple sendiri telah memasarkan 29 juta unit perangkat tablet PC sejak peluncuran resmi iPad pada April 2010 lalu.
Operasi Android
Dari informasi yang beredar, tablet PC besutan Amazon akan menggunakan layar 7 inci, full color, layar sentuh dan menggunakan sistem operasi Android. Kabarnya, ia akan dipasarkan di harga US$250 atau sekitar Rp2,2 juta, lebih murah dibandingkan dengan Apple iPad.

Menurut sejumlah kalangan, tablet PC Amazon ini juga akan menjadi produk yang mampu mengubah peta persaingan karena popularitas Kindle dan layanan film serta musik di dalamnya.
Diperkirakan, perangkat ini mampu terjual hingga 3 juta unit pada tahun pertamanya, dan akan memimpin pasar di tahun berikut.

0 comments:

Posting Komentar