17 Oktober 2011

Smartphone Taiwan Dominasi Digital Reading


Perangkat tablet di Asia-Pasifik, diprediksi akan mengalami lonjakan pertumbuhan besar.

Produk asal Taiwan masih dikukuhkan sebagai bagian dari 100 merek terbaik di dunia. Menurut perusahaan konsultan merek Interbrand, HTC termasuk salah satu di antaranya.

Vendor yang masuk dalam jajaran 5 produsen smartphone terbaik di dunia tersebut mencatatkan rekor pertumbuhan sebesar 68 persen pada kuartal ketiga 2011. Baru-baru ini, mereka juga telah menghadirkan tablet PC mereka yakni HTC Flyer.

"Industri TIK Taiwan terus berkomitmen untuk menghadirkan teknologi yang inovatif, andal, dan terpercaya bagi konsumen global dan mendukung gaya hidup baru para konsumen di Indonesia," kata James Chen, Direktur TAITRA Jakarta, dalam keterangan tertulisnya, 17 Oktober 2011.

Perangkat tablet di area Asia-Pasifik, kecuali wilayah Jepang, diprediksi akan mengalami lonjakan pertumbuhan yang besar. Menurut IDC, dari 2 juta unit pengiriman pada tahun 2010, akan ada lonjakan hingga 21 juta unit pengiriman pada tahun 2015.

Jika prediksi tersebut terlaksana, berarti laju pertumbuhan gabungan tahunan (CAGR) akan meningkat sebesar 54 persen dalam waktu lima tahun.

Pasar smartphone juga diharapkan akan berkembang dua kali lipat pada tahun 2016. Menurut lembaga riset pasar Ovum, pasar smartphone mencapai 200 juta pengiriman. 

Merek-merek asal Taiwan juga hadir untuk mendukung era digital reading yang kini menjadi tren. Sebagai informasi, digital reading atau kegiatan membaca materi digital kini tengah berkembang pesat bagi mereka yang memiliki gaya hidup dengan mobilitas tinggi.

Sejalan dengan transformasi budaya ini, merek Taiwan lain seperti Acer dan Asus juga menyediakan perangkat smartphone dan tablet bagi konsumen guna bisa mengakses informasi di mana saja.

Acer misalnya, saat ini telah menghadirkan Iconia tab A 500, tablet pertama Android 3.0. Asus juga memasarkan Eee Pad Transformers, notebook tipis yang bisa menjadi tablet, yang mendukung mobilitas tinggi. Ada juga Asus Padfone yang merupakan kombinasi fungsi antara produk tablet dan perangkat smartphone yang diberi nama Asus Padfone. 



Sumber

0 comments:

Posting Komentar